Saturday, September 10, 2016

Tips Maksimal Bekerja dari Rumah Sendiri


Ibu rumah tangga ex karyawati yang memulai bisnis dari rumah pasti perlu membiasakan diri dengan aktifitas yang baru. Yang biasanya kerja dengan jam kantor, sekarang bisa bebas menetapkan jam kerja. Sebenarnya tidak perlu ada perubahan drastis karena bekerja dari rumah harus sama profesionalnya dengan bekerja di kantor

1. Mulailah setiap hari seperti Anda bekerja di kantor
Awal memulai bekerja di rumah, pasti perlu pembiasaan. Yang jadi kendala biasanya masalah waktu. Bekerja di rumah memang tidak dituntut untuk bekerja selama kurang lebih 8 – 9 jam sehari. Tapi ketika kita ingin memperoleh hasil yang maksimal dari pekerjaan, maka coba untuk membiasakan bekerja setiap hari, sama seperti saat Anda bekerja di kantor. Ini akan memudahkan Anda dalam segala aktifitas.

2. Mengatur ruangan Anda
Untuk lebih memaksimalkan kinerja saat bekerja di rumah, sebaiknya kita memilih tempat yang nyaman agar mampu menunjang performa kerja dan supaya kita betah bekerja

3. Mulailah hari Anda 30 menit lebih awal
Bekerja juga perlu pemanasan, karena biasanya ketika kita memilih bekerja di rumah, rasa malas dan mengabaikan pentingnya waktu akan muncul. Ini jelas tidak baik, karena akan menyebabkan penundaan dalam menyelesaikan pekerjaan kita. Untuk itu sebelum setiap rasa malas itu datang ada baiknya kita memulai bekerja sekira kiranya 30 menit dari target waktu yang sudah ditetapkan. Ini akan membantu kita mempersiapkan segala kebutuhan pekerjaan sebelum benar – benar memulainya.

4. Lakukan setiap pekerjaan sesuai dengan rencana
Sekalipun bekerja dari rumah tapi setiap pekerjaan atau kegiatan Anda harus terencana dengan baik. Anda harus tahu apa yang akan dan apa yang harus diselesaikan. Dengan begitu Anda tahu apa target yang harus Anda capai. Setelah membuat sebuah perencaan, Anda harus menerapkannya dalam setiap aktifitas. Lakukan setiap pekerjaan sesuai dengan rencana dan target pencapaian Anda.

5. Buatlah jadwal yang ketat dan disiplinlah
Ini yang sedikit sulit, karena setelah kita membuat rencana kerja dan jadwal terkadang kita akan menganggapnya enteng. Dan jelas ini akan berpengaruh terhadap pekerjaan kita kedepannya. Maka dari itu, kita harus membuat sebuah jadwal yang ketat untuk diri kita sendiri dan mulai untuk disiplin menjalankannya. Ketika disiplin sudah biasa kita lakukan maka hasil yang ditargetkan akan dengan mudah dicapai.

6. Tetap terhubung partner bisnis setiap hari
Teknologi saat ini sudah sangat memudahkan Anda bekerja dari manapun tanpa kehilangan update informasi apapun dari kantor. Dari Facebook, Whats app, Webinar dan Line bisa menjadi pilihan Anda. Lakukan diskusi rutin dengan partner kerja. Tanyakan kabar mereka dan bagaimana pekerjaan mereka hari itu. Itu akan membuat Anda tetap bisa membangun komunikasi dan networking

7. Pastikan Anda tetap memiliki akhir pekan
Seorang ibu bekerja juga perlu punya "me time" . Meski pekerjaan banyak, tapi tetap saja menghargai diri sendiri itu sangat penting. Selain membuat refreshing , juga membuat kita tidak bosan atau stress dengan pekerjaannya. Gunakan waktu kerja setiap hari secara maksimal sehingga tidak mengganggu waktu liburan Anda di akhir pekan.

Selamat mencoba :)

:)

Salam,
Karina Susilaningsih 
IRT bekerja dari rumah
HP/Line : 081-1180-1929

No comments:

Post a Comment